Seputar informasi dan seluk beluk suku MANDAR

Friday, November 28, 2014

Kebudayaan dan Kepariwisataan Polewali Mandar I Wisata Maritim

No comments :
KEBUDAYAAN DAN KEPARIWISATAAN POLEWALI MANDAR

Membahas tentang budaya dan pariwisata, Polewali Mandar tentunya tidak ketinggalan dengan kedua hal itu. Mengingat bahwa Kabupaten Polewali Mandar sebagai bagian dari tanah Mandar yang pernah mencapai masa keemasan peradabannya pada tempo dulu, hingga kini menyisakan beragam artefak kebudayaan. 
Polewali Mandar sebagai gerbang sulawesi barat yang mempunyai berbagai macam kebudayaan yang unik dan pariwisata yang menarik serta potensi dan kekayaan alam yang perlu dikembangkan. Sebagai anak mandar, yang lahir dari keturunan orang mandar harus dan wajib menjaga dan mengembangkan potensi daerah yang gue (iyau, keren sedikitlah sob, hehe) miliki. Oleh karenanya salah satu yang bisa saya lakukan saat ini adalah memperkenalkan kepada dunia tentang keberadaan suku mandar dengan segala keunikan budaya dan pariwisatanya yang selama ini belum terekspos dengan baik. 
Sebelum kita membahas lebih lanjut terlebih dahulu kita harus tahu defenisi dari budaya dan pariwisata. Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta, yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia, yang kemudian menciptakan sesuatu kebiasaan yang unik. Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk rekreasi atau liburan dan juga persiapan yang dilakukan untuk aktivitas ini.
Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang pariwisata yang ada di kabupaten Polewali Mandar yang didalamnya juga termasuk wisata budaya.

WISATA MARITIM
  • PULAU BATTOA

Gugusan pulau-pulau akan nampak di depan mata pengunjung yang memasuki Polewali Mandar, karena Mandar berada di daerah pesisiran pantai. Ada saja pulau yang berpenghuni dan ada juga yang tidak berpenghuni yang sama-sama menyajikan pemandangan yang eksotik. Pulau battoa ini serta gugusan pulau-pulau yang lain terletak di Kec. Binuang dan Kec. Polewali. Para wistawan dapat menempuh perjalanan menggunakan perahu motor kurang lebih 30 menit untuk menjangkaunya.
  • PANTAI PALIPPIS
Pantai Palippis yang terletak menyusur dari Kecamatan Campalagian hingga ke Kecamatan Balanipa ini juga menawarkan pesona tersendiri selain keindahan pasir putih dan gugusan pegunungan serta tebing tatakan alami batu karang dan goa alam. Untuk menjangkau Pantai Palippis yang terletak di Desa Bala Kecamatan Balanipa dan berjarak sekitar 20Km arah Barat dari ibukota Polewali para wisatawan dapat menempuhnya dengan kendaraan darat.


  • BAGANG di Pantai Polewali
Keindahan lain yang juga ditawarkan sebelum mencapai gugusan pulau-pulau ke arah timur Kecamatan Polewali dan Binuang itu seperti Pulau Battoa, Pulau Tangnga, Pulau Tosalama, Pulau Gusung Toraja dan Pulau Karamasang serta Pulau Panampeang itu adalah bertebarannya bagang-bagang milik warga sebagai wahana untuk menangkap ikan di sekitar pulau-pulau itu. Hal itu tentu menawarkan keindahan tersendiri, sebab selain bentuknya yang tradisional, juga beragam aktivitas penangkapan ikan oleh warga di sekitar pulau-pulau itupun menawarkan pemandangan yang khas.
  • PANTAI UWAI TAWAR
Pantai Uwai Tawar yang terletak di Desa Tammangalle Kecamatan Balanipa juga menawarkan keindahan lain, sebab pantai yang berada di bagian utara dan berjarak sekitar 25 Km dari ibukota Polewali ini menjadi khas karena pemandangan nyiur melambai dan jejeran pohon Kelapa yang beberapa di antaranya menjuntai ke arah pantai ini sangat eksotis. Selain tawaran nuansa alam nan asri itu, juga dapat diamati dengan jelas terbitnya matahari pagi dari arah lautan lepas pantai Uwai Tawar.
  • PULAU PASIR PUTIH/GUSUNG TORAYA
Salah satu pulau yang berada di bagian Timur Kota Polewali dan Kecamatan Binuang dan tidak berpenghuni itu adalah Pulau Gusung Toraja. Sebelum tiba di pulau ini wisatawan akan melewati beberapa gugusan pulau-pulau indah, jika perjalanan bertolak dari Kecamatan Polewali dan Kecamatan Binuang. Yang menarik dari Pulau Gusung Toraja ini adalah, selain keindahan pulaunya yang sangat alami dan tidak berpenghuni, di tengah pulau ini Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar telah pula menyiapkan fasilitas akomodasi berupa cottage yang untuk mencapainya dibutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam dari Polewali dan Binuang dengan mengendarai perahu motor milik warga yang seban waktu menjangkar di bibir pantai dua kecamatan tersebut.


  • PANTAI PASIR PUTIH MAMPIE
Keasrian dan juga tempat yang masih origim dimiliki pantai pasir putih mampie yang indah dan menampakkan eksotisme bagi para pengunjung. Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota sekitar 20 Km, dusun mampie, desa galeso, kec. wonomulyo. Pantai ini banyak diminati masyarakat polman karena tempatnya yang asri juga nyaman serta keamanan yang sangat baik karena garis pantai yang panjang dan landai. Bila ingin berkunjung bersama anak-anak tempat ini adalah pilihan yang tepat. 

Inilah beberapa wisata maritim yang ada di Kabupaten Polewali Mandar. Masih banyak wisata maritim lainnya yang belum terjamaah dan di ekspos lebih jauh. Namun, semua wisata yang dijelaskan di atas belum mendapat perhatian yang lebih oleh masyarakat dan pemerintah. Oleh karenanya saya berharap kepada Pemerintah dan masyarakat dapat bersama-sama menjaga bumi tercinta kita (Lita' Mandar) dan mengembangkan sehingga menambah daya tarik tanah mandar ini. sekian dan terima kasih.

No comments :

Post a Comment