Seputar informasi dan seluk beluk suku MANDAR

Monday, November 24, 2014

Download Rekonstruksi Bumi Jutaan Tahun yang Lalu (Robert Hall, 1995)

3 comments :
Rekonstruksi Bumi Jutaan Tahun Yang lalu- Sobat perlu tau nih, bahwa konstruksi bumi yang ada sekarang ini nggk sama dengan konstruksi bumi pada jaman dahulu. Soalnya bumi ini terus mengalami pergerakan yang menjadi cikal bakal kondisi pulau dan benua saat ini, jadi bumi ini bergerak sama seperti makhluk hidup lainnya. Tapi pergerakannya itu sangat lambat, keong aja kalah lambat ama bumi hehe.

Pergerakan Bumi ini diakibatkan oleh adanya tenaga endogen yang kemudian membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata.

Bumi jutaan tahun lalu itu hanya terdiri dari satu benua loh sob. Yang kemudian teori yang menyatakan bumi itu dulu satu benua disebut teori pangea. Dan pada saat benua terbagi menjadi 5, tapi ada juga yang bagi menjadi 6 atau 7. Jadi, benar adanya bahwa kerak bumi mengalami pergerakan. Nah, pertanyaan yang muncul berapa kecepatan pergerakan kerak bumi ini? jadi begini, benua tempat kita sekarang bergerak sangat lambat, pergerakan lempeng benua ini tiap tahunnya 1,5 inchi/ tahun, bahkan lebih lambat dari pertumbuhan kuku jari.

Bukti yang menjadi landasan bahwa daratan itu dulunya satu adalah teori mengenai tectonic plate yang dimulai oleh peneliti jerman Alfred Wegener. Dia mengatakan ide ini ketika melihat garis pantai amerika selatan dan Afrika dapat cocok apabila di pasangkan seperti puzzle. jadi dia menduga bahwa dulunya benua itu hanya satu dan kemudian terpisah.

Wegener juga menemukan fosil sebuah tanaman yang di daerah berbeda: Afrika, Amerika Selatan, India, Australia, dan Antartica. Dia juga menemukan pegunungan yang mirip di Afrika Selatan dan Argentina.

Penasarn gimana perubahan dari tahun ke tahun konstruksi bumi? Silahkan sobat download rekonstruksi Bumi Jutaan Tahun yang lalu oleh (Robert Hall,1995) Download di sini

                                                     

3 comments :

  1. Ternyata ini ya yang dipelajari mahasiswa teknik geologi haha

    ReplyDelete
  2. wow,, baru tahu gan,,, luar biasa ciptaan Tuhan

    ReplyDelete
  3. iya gan.. tapi aku ngambilnya program studi teknik pertambangan,, jdi nggk terlalu spesifik dpeljri,, asal tau aja,, hehhe gan jrusan apa???

    ReplyDelete