Seputar informasi dan seluk beluk suku MANDAR

Sunday, December 31, 2017

Aneka Wisata Kuliner Legendaris Khas Suku Mandar, Sulawesi Barat

1 comment :
Jalan-jalan ke daerah Mandar di Sulawesi Barat tidak lengkap jika tidak mencicipi makanan khas suku Mandar. Apalagi menikmati kuliner khas mandar sambil mendengar desiran ombak pantai Mandar yang indah. Yah tentunya banyak kuliner yang disajikan di pantai-pantai mandar, mengingat suku mandar ini identik dengan seorang pelaut. Nah langsung saja ini dia beberapa makanan khas atau wisata kuliner suku Mandar:

Gogos Khas Mandar



Gogos dapat kita jumpai di beberapa kedai-kedai yang berjejer di sepanjang jalan poros kecamatan Tinambung hingga Limboro pada malam hari lengkap dengan kepulan asap pembakarannya. Makanan ini dibungkus dengan daun Pisang dan terbuat dari beras pulut dicampur dengan santan kelapa lalu diasapi dalam tatakan pembakaran. Mengingat kemasannya yang sangat khas dan terjaga ini. Biasanya gogos juga diisi dengan ikan yang telad ditumbuk sebagai pelengkap kenikmatannya.

Ikan Terbang Khas Mandar




Tuing-tuing (ikan terbang) biasanya disandingkan dengan jepa atau makanan lain seperti nasi. Ikan Tuing-tuing banyak dijumpai di daerah pesisir Polewali Mandar utamanya di daerah Pambusuang Kecamatan Balanipa dan Karama serta -Tangnga tangnga Kecamatan Tinambung sekitar 30 Km dari ibukota Polewali. Cara mengolahnya adalah dengan jalan menggoreng atau merebusnya lalu dibuat sayur yang dicampur santan dan kunyit serta repah-rempah lainnya. Ikan ini juga bisa dinikmati dengan jalan membakarnya dan kemudian disantap dengan menghidangkannya bersama jeruk peras dan cabe rawit yang telah dibuat serupa ulekan.

Sara'ba dan Pisang Goreng Khas Mandar




Makanan dan minuman khas Polewali Mandar yang juga menarik adalah minuman sara'ba yang akan lebih lengkap jika disuguhkan bersama singkong goreng sebagai cemilan tambahannya. Minuman khas ini setiap saat tersedia di kedai-kedai di hampir semua kecamatan yang ada di Polewali Mandar. Sebagai minuman yang dibuat dari racikan Jahe, merica, telur, dan gula merah, sara'ba diyakini jika disajikan dalam keadaan hangat, akan mampu encegah masuk angin. Sehingga tidak heran, kedai-kedai sara'ba dan pisang goreng ini akan sangat ramai dikunjungi oleh warga pada malam hari.

Golla Kambu Khas Mandar




Golla Kambu sebagai makanan khas masyarakat Polewali Mandar terbuat dari beras pulut yang dicampur dengan gula merah lalu dikemas dengan menggunakan daun Pisang kering. Untuk memperoleh makanan khas ini dapat dijumpai di hampir semua pasar-pasar traditional yang ada di wilayah Kabupaten Polewali Mandar khusunya di Kecamatan Campalagian, Balanipa, Tinambung, serta Limboro.

Jepa Khas Mandar



Pilihan wisata kuliner yang khas dan sangat menarik untuk dinikmati oleh para pejalan tiap kali bertandang ke Polewali Mandar adalah mencicipi makanan khas jepa. Makanan jenis ini banyak didapati di beberapa pasar tradisional di hampir semua kecamatan di Polewali Mandar. Selain mencicipi jepa, yang menarik untuk diamati juga adalah cara pembuatannya yang masih sangat tradisional. Bahan dasar jepa terbuat dari singkong dan juga sagu yang ditumbuk dan diperas kemudian dimasukkan ke dalam panjepangan (cetakan) ditindih lalu diasapi. Hampir bisa dipastikan makanan khas ini akan sanggup menggugah selera makan, dan juga sangat gampang untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, sebab selian enteng dan kering makanan ini juga cukup bisa bertahan lama.

Baca Juga 5 Wisata Sosial Suku Mandar, Sulawsei Barat

Yah, inilah dia wisata kuliner suku Mandar. Masih banyak lagi kuliner-kuliner yang belum sempat dibahas secara rinci. Ayo jalan-jalan ke daerah Suku Mandar disamping kulinernya yang khas dan uenak juga masyarakatnya yang ramah-ramah. Ditunggu yah!!

1 comment :

  1. Kue-kue khas mandar masih ada yg belum masuk seperti kasippi (kripik khas mandar)

    ReplyDelete