Seputar informasi dan seluk beluk suku MANDAR

Tuesday, November 18, 2014

Demonstrasi dengan cara anarkis, benar tidak?

No comments :
      Demonstrasi merupakan cara untuk menyampaikan aspirasi. Demonstrasi tentunya tidak asing lagi bagi kita, sejak zaman dulu demonstrasi ini sudah dikenal (sejak zaman batu, upss hehe). Biasanya yang melakukan demonstrasi itu umumnya mahasiswa, buruh maupun masyarakat itu sendiri. Adanya demonstrasi diakibatkan oleh adanya ketidak sejalanan pikiran antara pihak yang satu dengan pihak yang lain. ketidak sejalan atau beda pendapat itu menimbulkan masalah yang mengakibatkan adanya salah satu pihak yang merasa dirugikan.
        Demonstrasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, ada yang berorasi atau berkata-kata untuk menyampaikan aspirasi dan ada juga yang hanya menampilkan gerakan tanpa mengucapkan sepatah kata pun, seperti pantomim gitu. Demonstrasi sih bagus karena dapat menjadi kontrol sosial bagi masyarakat dan juga dapat menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi.
       Gua sangat mendukung adanya demontrasi itu, tapi gua sangat lebih tidak mendukung apabila demonstrasi itu berbau anarkis. kita dapat melihat seringkali demonstrasi berakhir ricuh. tidak jarang pula menimbulkan korban bahkan ada yang sampai meninggal serta merusak fasilitas umum. apa sih yang menyebabkan adanya tindakan anarkis itu? gua pernah mendengar salah satu orator mahasiswa berkata bahwa "demonstrasi anarkispun pemerintah tidak mendengarkan kita apalagi kalau nggak anarkis". wah wah wah kalau udah tau nggk didengar ngapain juga dilalkuin. banyak negatifnya loh.
        Dan ada pula penyebab dari keanarkisan itu akibat dari adanya salah satu pihak yang melakukan kekerasan, sehingga pihak lain melakukan perlawanan yang mengakibatkan kericuhan, saling lempar batu dll. ada juga pihak yang tidak terlibat melakukan adu domba (bukan aduhai yah.. hehe alay) seperti yang pernah terjadi adanya pembusuran yang dilakukan oleh gang motor terhadap aparat sehingga menimbulkan kericuhan antara aparat dan mahasiswa,, wah mhasiswa kena getahnya. kadang juga demonstran melakukan tindakan anarkis apabila mereka terasa diabaikan.
Berkata Imam Ibnul Qoyyim:
"Apabila seorang merasa kesulitan tentang hukum suatu masalah, apakah boleh ataukah haram, maka hendaklah dia melihat kepada mafsadah (kerusakan) dan hasil yang ditimbulkan olehnya. Apabila tenyata sesuatu tersebut mengandung kerusakan yang lebih besar, maka sangatlah mustahil bila syari’at Islam memerintahkan atau memperbolehkannya bahkan yang dipastikan adalah keharamannya. Lebih-lebih apabila hal tersebut menjurus kepada kemurkaan Allah dan Rasul-Nya, maka seorang yang cerdik tidak akan ragu akan keharamannya."
Rasulullah saw. mengajarkan kalau melihat kemungkaran penguasa maka hendaklah menasehatinya secara rahasia bukan di bongkar di depan umum, serta bersabar atas kedholiman mereka sambil terus memperbaiki diri dan berdo’a untuk mereka.
Rasulullah saw. bersabda:
Barang siapa yang ingin menasehati penguasa, maka jangalah menampakkannya, namun hendaklah dia menasehatinya sendirian, jika dia menerimanya, maka itulah yang diharapkan, namun jika tidak menerima, maka dia telah menunaikan kewajibannya.
[Hadits shohih, lihat Dhilalul Jannah syaikh al-Albani 1097]
 

      Sudah bca kan sob, ternyata islam sendriri tidak membenarkan adanya demonstrasi anarkis itu sendiri. nah, sebagai anak bangsa yang ngakunya cinta tanah air kita harus mencari gimana solusi yang tepat untuk masalah ini. gua ada ide nih, gimana kalau kita membuat suatu tempat khusus untuk para demonstran dapat menyampaikan aspirasinya. Tentunya yang jauh dari pemukiman warga serta fasilitas umum gitu. kita juga menyiapkan tempat bertemu kedua belah pihak dengan keamanan tingkat tinggi. gmna bgus nggk??
     Kita juga tentunya berdoa mudah-mudahan tindakan anarkisme ini dapat kita reduksi atau bahkan kita hilangkan, sehingga kita dapa terhindar dari hal-hal negatif yang tentunya dibarengi dengan sikap keterbukaan pemerintah untuk mendengarkan apa keinginan para demonstran dan mencarikan solusi yang tepat. gung hoo !!

No comments :

Post a Comment