Seputar informasi dan seluk beluk suku MANDAR

Friday, January 5, 2018

Seni Kriya Dan Arsitektur Suku Mandar

No comments :

Patung 

Patung

Fokus lain yang bisa diamati dari keberagaman mosaik kesenian genre seni patung dan arsitektur adalah adanya beberapa patung yang memiliki nilai sejarah. Salah satunya adalah patung Hj. Andi Depu salah seorang tokoh pahlawan perempuan Mandar yang mempertahankan merah putih pada zaman penjajahan. Patung ini dapat dijumpai di ibukota Kecamatan Tinambung. Tepatnya di pinggir jalan lintas propinsi. Selain itu patung yang juga dapat diamati sebagai representasi dari hasil cipta karya seni patung di Polewali Mandar adalah patung atau tugu perjuangan yang terletak di Kecamatan Polewali.

Masjid Lapeo

Masjid Lapeo

Salah satu arsitektur eksotik yang dapat dikunjungi di Kabupaten Polewali Mandar adalah pada Masjid Nuruttaubah atau yang lebih dikenal sebagai masjid Imam HM Tahir Imam Lapeo salah seorang tokoh sufistik Mandar. Selain arsitektur yang unik, masjid ini sekaligus menjadi saksi sejarah penyebaran Islam tanah Mandar. Masjid ini terletak di Lapeo Kecamatan Campalagian sekitar 35 Km arah Barat dari ibukota Polewali.

Ukiran

Ukiran

Sedang khusus bentuk ukiran khas Mandar di Polewali Mandar dapat diamati pada pernak- pernik rumah panggung warga Polewali Mandar. Mulai dari jendela, pintu, dan model tangga, yang biasa menyisakan kekhasan seni ukir.
Ada ciri pahatan dan ukiran Mandar yang tersisa disetiap hasil aktivitas kesenian ini. Membuat ia menjadi menarik dan berbeda dari daerah-daerah lainnya, sebab memiliki nilai dan makna tersendiri sebagai bagian dari pemahaman konsep dasar seni ukir atau pahat dan arsitektur orang Mandar 

Pembuat Kursi 

Pembuat Kursi

Hasil lain dari genre kesenian kriya atau pahat di Kabupaten Polewali Mandar juga dapat diamati pada hasil karya pembuatan kursi. Kendati tidak tradisional namun pada karya pembuatan kursi ini dapat diamati keterampilan dan cita rasa seni para pembuatnya. Yang khas adalah karena pada pembuatan kursi ini tidak jarang memanfaatkan potensi kayu lokal, seperti batang pohon kelapa. Produk ini bisa bersaing dengan produk pabrikan. Pengrajin kursi serupa ini dpaat ditemui di Kecamatan Tinambung.

Rumah Adat Mandar

Rumah Adat Mandar

Ciri lain dari arsitektur Mandar di Polewali Mandar juga dapat diamati dari bentuk khas rumah masyarakat Mandar yang rata-rata menggunakan jenis rumah panggung. Yang bagi masyarakat Mandar memiliki nilai filosofis bagipenggunanya, selain bernilai ekonomis. Hal lain adalah kekhasan ornamen ukiran yang biasanya melekat pada dinding dan jendelanya, seakan ikut memberikan kekhasan dari rumah panggung Mandar di Polewali Manda

No comments :

Post a Comment